Uncategorized

Menduniakan Gim, Kominfo Gandeng AGI Gelar IDGX 2021

Share Berita:

JAKARTA, SKO.COM – Sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas pelaku industri gim dalam negeri agar bisa bersaing dan mengembangkan bisnis di level global atau go-global, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) kembali mengadakan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

“Program ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas pelaku industri game dalam negeri, sekaligus mendorong industri game lokal untuk Go Global. Jadi, kita kerja sama dengan ekosistem, kita hanya fasilitator dan diharapkan nantinya pelaku game akan semakin bertumbuh dengan adanya program ini,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan dalam konferensi pers virtual dari Jakarta, Rabu (28/07/2021).

Menurut Dirjen Semuel, IGDX akan melibatkan ekosistem industri gim agar bisa mendorong pengembangan kerja sama untuk peningkatan industri gim di tanah air. Rencananya rangkaian panjang kegiatan IDGX ini akan digelar pada bulan Oktober sampai dengan Nopember 2021 dengan menghadirkan para pelaku industri game lokal dan mancanegara.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menjelaskan, IDGX pernah diselenggarakan pada 2019 lalu sebagai sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia industri game tanah air, sekaligus ruang pameran bagi karya industri gim lokal.

“Pada penyelenggaraan IGDX tahun 2019 lalu, tercatat sebanyak 66,1% peserta berasal dari kalangan profesional. Sementara peserta terbanyak kedua diisi kalangan mahasiswa sebesar 16,1%. Hal itu menandakan keberminatan terhadap IGDX berpadu antara pelaku industri dan SDM yang tertarik masuk ke dalam industri game,” paparnya.

Menurut Dirjen Semuel IGDX juga menjadi ruang bagi perluasan jejaring yang baik bagi pihak-pihak tersebut.  Oleh karena itu, Kominfo menggandeng AGI dengan menggabungkan kegiatan secara offline dan online atau secara hybrid pada lingkup skala yang lebih besar dan rangkaian kegiatan yang lebih variatif dan inovatif.

Hasil penelitian yang dilakukan Kementerian Kominfo bersama LIPI menunjukkan ada peningkatan skala usaha  industri gim dari tahun 2017 s.d 2019. Secara keseluruhan, di tahun 2017 terdapat 143 gim yang diproduksi dan meningkat menjadi  225 di tahun 2018 dan pada tahun 2019 terdapat 332 gim.

Dalam IDGX tahun 2021 terdapat tiga kegiatan utama yang diusung Kominfo, yaitu IGD Academy, IGDX Business dan IGDX Conference.  IGDX Academy berisi pelatihan dari mentor yang sudah berpengalaman di industri game, baik lokal maupun asing. Pendaftaran program ini dibuka sampai 2 Agustus melalui situs www.igdx.id.


Share Berita:
Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close